Friday, April 18, 2014

Isu Sosial Masalah Pekerjaan Seiring Berkembangnya Teknologi

Sekilas tentang perkembangan teknologi
Teknologi sering dikaitkan dengan komputer. Karena komputer memang penemuan yang telah merubah banyak sekali perubahan di belahan dunia manapun. Oleh karena itu, bisa dianggap komputer adalah kilas balik dari kemajuan dunia teknologi. Sehingga
dengan adanya komputer ini, manusia dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan efisien.

Memang perkembangan teknologi terus berjalan. Tak luput juga dunia computer  yang saat ini terus mempunyai inovasi-inovasi baru. Salah satunya komputer dengan tema go green dan berbagai inovasi lain. Oleh karena itu, semakin banyaknya teknologi yang berkembang kita perlu mengetahui bagaimana perkembangan teknologi dari awal sampai  saat ini.
Komputer telah berkembang selama lebih dari 5 dekade. Era komputer dimulai pada tahun 1950-an dan mulai mengalami perkembangan berarti pada era 1960-1970 an. Pada saat itu komputer cukup memberikan dampak signifikan terutama pada industri perbankan, asuransi dan manufaktur terutama dari segi efisiensi operasional. Pada tahun 1970, telah muncul mini komputer (namun ukurannya tetap besar) dan diikuti oleh perkembangan sistem jaringan yang memudahkan satu komputer terkoneksi dengan komputer lainnya.Pada tahun 1981, IBM melakukan terobosan dengan mengeluarkan produk Personal Computer. Komputer kembali mengalami perkembangan setelah internet mulai sering digunakan di industri.
Perusahaan telah mengalami dan mengikuti perkembangan teknologi yang cukup kompleks. Diperkirakan banyak organisasi yang menghabiskan 70 persen dari budget IT dalam kegiatan pemeliharaan pada sistem komputer yang ada. Hanya sedikit budget tersisa yang dapat digunakan untuk pengembangan teknologi. Lebih parahnya lagi lebih dari 2/3 projek IT dilakukan dengan budget berlebih dan sering telat.
Sekarang komputer sedang mengalami perkembangan dimana perangkat ini dapat menyamai kemampuan manusia dalam berpikir. Sebagaimana yang kita ketahui, kegiatan berpikir ini hanya dapat dilakukan dengan sangat baik oleh manusia. Secara keilmuan, kegiatan ini tidak dapat dijelaskan oleh para ahli pada masa ini. Kita, sebagai manusia memiliki kemampuan untuk melihat pola dari suatu kejadian, menarik kesimpulan, dan mencari solusi dari permasalahan yang pernah atau baru dihadapi.
Saat ini sistem komputer sedang mengalami integrasi dengan perangkat lain. Komputer semakin banyak terhubung dengan berbagai perangkat di berbagai tempat. Komputer memiliki kemampuan yang semakin tinggi untuk mengenali sesuatu. Komputer sendiri memang tidak memiliki kemampuan untuk melihat, namun bila disambungkan dengan perangkat lain, komputer dapat menerima informasi relevan sehingga dapat menghasilkan, mengenali, dan memberikan informasi mengenai orang, tempat, dan hal lainnya. Semakin lama, komputer akan semakin mengungguli sebagian kemampuan manusia secara lebih efektif dan efisien.
Mungkin dalam beberapa tahun ke depan kita akan menemui robot yang dilengkapi komputer cerdas. Robot ini akan menggantikan semakin banyak kegiatan yang biasa dilakukan manusia. Dunia IT juga perlu mencermati hal ini, mungkin di masa depan budget pemeliharaan alat akan terus membengkak.
Artikel ini diadaptasi dari Fortune
MANFAAT KOMPUTER
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah serta mempecepat pekerjaan-pekerjaan manusia diantaranya adalah :
1. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

7. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
ISU SOSIAL DAN MASALAH
Kemajuan teknologi komputer selain memberi dampak positif juga menimbulkan dampak negatif yang kurang diperhitungkan sebelumnnya. Teknologi memberikan banyak keuntungan pada masyarakat seperti komunikasi yang lebih baik, transportasi yang lebih cepat dan lebih aman, penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat serta efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah:
Apakah perkembangan teknologi yang berkaitan dengan  komputer ini akan mempengaruhi kesempatan kerja?”
 
Perkembangan teknologi komputer pastinya akan mempengaruhi kesempatan kerja. Walaupun tidak terungkap secara terbuka selalu ada perasaan takut di kalangan masyarakat bahwa akhirnya manusia menjadi budak dari mesin yang diciptakannya sendiri karena banyak posisi penting dalam pekerjaan yang diambil alih oleh mesin dengan alasan biaya, kecepatan kerja dan ketelitian.
Banyak kalangan yang berpendapat bahwa mesin pandai akan terwujud dan memasyarakat. Mereka percaya bahwa keberadaan mesin ini akan amat bermanfaat yang akan menindih dampak negatifnya. Sebagai contoh kemajuan teknologi, robot mengambil alih tugas-tugas, seperti bagian pengelasan otomotif  yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Hilangnya pekerjaan jalur perakitan tersebut telah memaksa mantan pembangun mobil untuk menjelajahi kemungkinan karir baru.

  

Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Kesempatan Kerja
Pekerjaan yang dapat diartikan sebagai suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan seseorang dimana akan menghasilkan uang. Dimana hal itu merupakan sebuah kebutuhan untuk setiap orang yang sudah memasuki usia produktif untuk membiayai kehidupannya. Cara untuk mendapatkan pekerjaan yang paling sering digunakan oleh banyak orang adalah menjadi karyawan dari sebuah perusahaan. Pekerjaan tersebut diperoleh melalui info lowongan kerja.
Pada masa sekarang, lowongan pekerjaan sudah tidak seimbang antara pelamar dengan lowongan pekerjaan yang tersedia, sehingga menyebabkan terjadinya pengangguran. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya pengangguran atau ketidak seimbangan ini disebabkan banyak faktor,  Berikut diantaranya:

1.      Jumlah Pelamar Dengan Lowongan Pekerjaan Tidak Seimbang
Meledaknya jumlah penduduk di Indonesia tidak dibarengi dengan berkembangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyaknya para lulusan muda yang menganggur menunggu pekerjaan. Sehingga jumlah pengangguran pun bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

2.      Keterampilan Pelamar Tidak Sesuai Kriteria
Sebuah perusahaan yang mempunyai lowongan pekerjaanakan membutuhkan pegawai yang sesuai dengan kriteria keterampilan sesuai dengan posisi yang akan di tempati oleh calon pegawai. Namun hal itu menjadi kendala ketika sebuah perusahaan membutuhkan beberapa pegawai dengan keterampilan yang tinggi. Sehingga hanya sedikit pelamar yang memiliki kesempatan. Hal ini disebabkan karena jarangnya pelamar yang memiliki banyak keterampilan untuk mendukung posisinya di suatu perusahaan.

3.      Kemajuan teknologi
Berkembangnya teknologi patut kita banggakan karena dengan teknologi yang semakin maju, pekerjaan manusia akan semakin mudah. Tetapi, selain memiliki efek positif terhadap pekerjaan manusia.
“Apakah jumlah lapangan kerja akan bertambah atau berkurang?”
 

Tentunya akan berkurang. Berkembangnya teknologi membuat banyak perusahaan yang hanya membutuhkan sedikit pekerja karena posisinya sudah tergantikan dengan kehadiran terknologi terbaru seperti robot sehingga membuat jumlah lapangan pekerjaan semakin berkurang untuk pekerja  seperti manusia. Alasan perusahaan menggunakan robot daripada manusia karena biayanya lebih murah dengan hasil pekerjaan yang cepat dan akurat. Sehingga banyak perusahaan yang berbondong bondong menggunakan robot dariapada tenaga manusia.
Semakin berkurangnya lapangan pekerjaan yang menyebabkan semakin banyaknya pengangguran di Indonesia akan menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial. Dimana hal itu akan timbulnya tindak kejahatan karena alasan tuntutan ekonomi. Pemerintah sebagai lembaga yang berwenang memiliki kewajiban membantu masyarakatnya untuk memperoleh pekerjaan dan meningkatkan taraf hidupnya.
Solusi Yang di Lakukan Pemerintah
Banyak  solusi yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan lapangan pekerjaan. Seperti dengan mengatur undang undang tentang ketenaga kerjaan. Dimana hal itu akan menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran di Indonesia. Selain itu terdapat  beberapa solusi lain, yaitu :
1.      Memperbanyak Wirausaha
Semakin banyaknya pelamar pekerjaan namun pertumbuhan lapangan pekerjaan yang sedikit, menyebabkan ketidakseimbangan antara SDM yang tersedia dengan jumlah lapangan pekerjaan. Hal ini sebetulnya dapat diatasi dengan memperbanyak wirausaha. Dengan berwirausaha, selain mengurangi jumlah penganguran, hal ini dapat juga membuka lapangan pekerjaan baru. Namun kendala terbesar dalam beriwausaha adalah kurangnya modal untuk mendirikan usaha. Namun hal itu sudah bisa diatasi melalui program pemerintah untuk UKM.

2.      Memperbaiki kualitas sdm yang tersedia
Banyaknya SDM yang tersedia di Indonesia, tidak menjamin SDM tersebut memliki kualitas atau keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Hal ini turut ambil bagian dalam mempersempitnya lapangan pekerjaan, yang menyebabkan bertambahnya pengangguran. Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya para SDM yang ada dibekali dengan keterampilan tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Hal itu bisa di mulai dari pemberian pelatihan pelatihan yang dilakukan oleh pihak berwenang. Atau melakukan sertifikasi terhadap SDM yang unggul.
3.      Membuat peraturan tentang ketenagakerjaan
Bebasnya pemilik perusahaan untuk menerapkan peraturan di perusahaannya merupakan salah satu penyebab semakin sempitnya lapangan pekerjaan. Diperlukan ketegasan pemerintah melalui peraturan yang dibuatnya untuk mengatur ketenaga kerjaan di Indonesia. Hal ini harus dilakukan agar perusahaan ridak semena mena menerapkan peraturan. Jika langkah pemerintah tepat sasaran, bukan tidak mungkin lapangan pekerjaan akan semakin banyak, dan mengurangi pengangguran di Indonesia.

Solusi solusi diatas dapat bermanfaat jika semua pihak saling bekerja sama, seperti pemerintah, pemilik perusahaan, dan instansi yang terkait lainnya. Selain itu kemauan dan kerja keras SDM di Indonesia juga merupakan suatu keharusan. Dengan SDM yang kreatif akan membuka banyak lapangan pekerjaan, dan akan meningkatan taraf hidup masyarakat.

Sumber Ilmu Sosial Dasar

Penulis Maulana Yusuf


Dampak Komputer pada Pekerjaan
Salah satu cara bahwa komputer telah membuat dampak pada masyarakat adalah bagaimana orang telah mengorganisir diri dalam kelompok-kelompok kerja dalam hubungannya dengan komputer. Komputer awal dikembangkan untuk melakukan tugas tertentu dalam ilmu pengetahuan, teknik atau peperangan yang sebelumnya telah dilakukan dengan tangan. Dengan segera tujuan umum komputer dapat mengotomatisasi hampir semua tugas pengolahan informasi yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah organisasi, seperti pengolahan penggajian dan manajemen catatan. Namun, karena komputer generasi awal relatif mahal, semua tugas pengolahan informasi suatu organisasi biasanya terpusat di sekitar satu komputer besar. Departemen dan orang-orang dalam organisasi tersebut juga akan diselenggarakan secara terpusat untuk memfasilitasi akses mereka ke komputer. Perusahaan dengan pengolahan informasi terpusat. misalnya, biasanya memiliki sebagian besar kantor administrasi mereka di lokasi geografis yang sama sebagai sumber daya komputer mereka.
Perkembangan selanjutnya dalam teknologi komputasi mengubah cara perusahaan terorganisir orang-orang yang melakukan tugas serupa. Munculnya jaringan komputer dan minicomputer, biaya yang lebih rendah, memungkinkan seluruh organisasi yang dulunya terpusat di sekitar sebuah komputer tunggal untuk mengatur diri ke dalam divisi geografis. Integrasi telekomunikasi dengan komputasi orang diperbolehkan di tempat-tempat terpencil seperti kantor cabang untuk menggunakan komputer yang terletak di bagian yang jauh dari organisasi mereka. Desentralisasi ini berlanjut dengan munculnya komputer pribadi. PC menyediakan cara murah untuk organisasi besar untuk mentransformasikan diri mereka lebih lanjut dengan mendistribusikan tanggung jawab pemrosesan informasi untuk departemen kecil dan individu di banyak lokasi.
Salah satu hasil utama telah pergeseran dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat, dari manufaktur untuk pekerjaan pelayanan. Kategori pekerjaan yang sama sekali baru telah diciptakan untuk mendukung dan menerapkan teknologi komputer. Selain itu, kemudahan jaringan komputer telah menyebabkan bisnis untuk pindah pekerjaan ke lokasi terpencil. Sebagai contoh, sejumlah perusahaan sekarang mempekerjakan programmer komputer yang berada di negara lain, seperti India, dalam rangka untuk menghemat biaya tenaga kerja. Di Amerika Serikat, meningkatnya jumlah perusahaan mengijinkan karyawan untuk bekerja dari rumah mereka atau pusat bekerja jauh dari kantor pusat perusahaan.
Munculnya e-mail, World Wide Web, dan teknologi Internet lainnya mungkin telah membuat dampak yang paling signifikan pada tatanan sosial masyarakat. Orang-orang sekarang dapat berkomunikasi dengan orang lain di tempat terpencil, mudah, terjangkau, dan sering anonim. Mereka dapat mencari, berbagi, dan transfer informasi lebih lanjut, dan lebih cepat, daripada sebelumnya. Orang didistribusikan di lokasi remote dapat mengorganisir diri ke dalam “komunitas virtual” berdasarkan kepentingan bersama, terlepas dari lokasi geografis mereka.
Efek Zaman Komputer
Psikolog telah lama tertarik dalam mengamati dan menganalisis cara manusia berinteraksi dengan komputer. Penelitian tentang interaksi manusia-komputer telah mempelajari bagaimana orang membaca dan memproses informasi yang disajikan kepada mereka pada layar komputer, jenis-jenis kesalahan input yang paling mungkin ketika menggunakan sistem komputer yang berbeda, dan efektivitas berbagai perangkat input seperti keyboard, mouse, dan pena cahaya. Masalah psikologis juga telah diidentifikasi dalam cara orang berperilaku terhadap orang lain saat mereka menggunakan teknologi komputasi seperti e-mail dan bagaimana mereka bersikap terhadap komputer. Studi telah menunjukkan, misalnya, bahwa orang yang menggunakan anonimitas e-mail dan teknologi Internet lainnya mampu untuk membangun identitas alternatif untuk diri mereka sendiri. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang sering menerapkan aturan yang sama dalam perilaku sosial, seperti kesopanan, terhadap komputer sebagaimana yang dilakukan dengan dengan orang lain.
Dampak komputer pada gaya hidup sebagian besar sejajar dampak komputasi pada organisasi sosial, pekerjaan, dan komunikasi pribadi. Efeknya menjadi lebih jelas sebagai perangkat komputasi personal menjadi semakin lebih umum dalam masyarakat. Secara khusus, komputer ditambah dengan teknologi telekomunikasi memungkinkan orang banyak untuk hidup dan bekerja lebih mandiri dan jarak jauh daripada sebelumnya. Individu menggunakan komputer pribadi dapat menerbitkan buku-buku, membuat reservasi penerbangan, dan mengadakan pertemuan untuk berbagi informasi dengan sejumlah orang di seluruh dunia. Beberapa pengamat melihat perkembangan ini positif, sementara yang lain khawatir bahwa meluasnya penggunaan komputer telah menyebabkan gaya hidup yang mengandung peningkatan jumlah pekerjaan.
Sumber http://rockydui.wordpress.com/2011/11/19/dampak-teknologi-informasi-pada-kehidupan-sosial/


PEMANFAATAN KOMPUTER
Yang membedakan komputer adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas secara menakjubkan dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi. Selain itu yang hal lain yang membedakannya adalah kecepatan perkembangan teknologinya.
Komputer pada saat ini banyak digunakan di sekolah, kantor  ataupun di rumah. Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data untuk bermacam-macam keperluan.
Bagaimana orang bersikap terhadap meningkatnya penggunaan komputer di tempat kerjanya?”
 
Tentunya merasa dimudahkan apalagi dengan integrasi berbagai jenis komputer dari mulai komputer besar sampai komputer pribadi melalui jaringan komputer dengan mesin facsimili dan pencetak, pengolahan kata, arsip elektronik, surat elektronik, pengaturan jadwal rapat otomatis, sistem informasi manajemen, pemasukan data jarak jauh dan pemrograman, merupakan salah satu bentuk dari fasilitas otomasi perkantoran.
                  Sikap orang terhadap meningkatnya penggunaan komputer di tempat kerjanya sehingga mengakibatkan malas karena tergantung dengan komputer. Tapi disisi positif nya:
·         Pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien serta hemat energy dengan adanya komputer telah mengubah tata cara kerja.
·         Peralatan berbasis komputer akan meningkatkan kemampuan menyimpan data.
·         Memperluas jangkauan pemasaran.
·         Kendali terpusat
·         Pengendalian proses bisnis semakin baik dan terarah.
·         Keamanan transaksi dan bisnis lebih terjamin.
·         Moralitas pelayanan yang tinggi.
·         Legalitas dokumen.
Pada saat ini di sekolah-sekolah banyak kita jumpai pengolahan nilai siswa dengan komputer yang dapat membantu pembuatan daftar nilai, penghitungan nilai rata-rata kelas ataupun laporan-laporan untuk kepentingan evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan sebagainya.
Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Beberapa contoh bidang pekerjaan yang juga mulai berpengaruh, misalnya :
1.      Penyiapan surat-menyurat sampai penyimpanan arsipnya di kantor.
2.      Membantu pemakai dalam menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang di perpustakaan.
3.      Dukungan layanan administratif di rumah sakit seperti data pasien.
4.      Pemesanan tiket pesawat terbang.
5.      Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian dan kependudukan.
6.      Pengendali proses produksi di bidang industri pada negara maju dengan memanfaatkan kemampuan dan ketelitian komputer yang tinggi

Di negara maju, apresiasi masyarakat terhadap komputer lebih merata dibandingkan dengan di negara berkembang karena penetrasi komputer di masyarakat maju sudah lebih lama terjadi.
Di negara yang sedang berkembang, beberapa lapisan masyarakat tertentu sudah merasakan manfaat komputer sedangkan beberapa lapisan lainnya belum mengenalnya. Keadaan ini akan berubah cepat atau lambat secara bertahap.

“Bagaimanakah nasib organisasi sosial tradisional di perkantoran yang menerapkan otomasi perkantoran?
?”

 

Tentunya akan sedikit rumit dan sedikit ketinggalan, karena mungkin untuk sekarang ini teknologi sangatlah penting yang harus diterapkan di perkantoran-perkantoran. Tidak bijaksana bila ada sebagian dari anggota masyarakat yang seolah merasa terancam dengan masuknya komputer ke masyarakat, sebab peran komputer di masyarakat pada akhirnya akan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri.

Lebih mudah untuk memberikan apresiasi yang wajar terhadap dampak dari pemanfaatan komputer di masyarakat daripada mengabaikannya sama sekali. Apresiasi terhadap dampak dari suatu produk baru tidak selalu harus disertai dengan dimilikinya pengetahuan yang mendalam tentang produk tersebut.
Pengamatan terhadap dampak dari komputer di masyarakat dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan pengamatan terhadap penggunaan lampu lalu lintas untuk mengatasi kemacetan ataupun pengamatan terhadap pencemaran lingkungan.
Komputer merupakan penemuan yang amat penting dan mendasar. Berbagai jenis komputer seperti microprocessor, komputer mini sampai ke komputer besar telah menempati posisinya dalam masyarakat. Komputer tersebut tidak hanya membantu melaksanakan pekerjaan, akan tetapi mengubah tata carakerja dan sekaligus menimbilkan tantangan dan permasalahan baru dalam lingkungannya.
Sumber Pemanfaatan Komputer di Masyarakat

Artikel Terkait

Isu Sosial Masalah Pekerjaan Seiring Berkembangnya Teknologi
4/ 5
Oleh

Powered by Blogger.